Cara Pencipta Aplikasi-Aplikasi Terkenal Menghasilkan Ide Satu Miliar Dolar - Komunitaz

Artikel Baru

Komunitaz

Media Gerakan Pemuda

Post Top Ad

Cara Pencipta Aplikasi-Aplikasi Terkenal Menghasilkan Ide Satu Miliar Dolar


Satu alasan besar George Berkowski menulis buku How To Build A Billion Dollar App adalah untuk mendorong orang-orang berpikir besar. Namun bukan hanya sekedar itu, George juga ingin membantu orang-orang berpikir besar dengan cara yang terstruktur dan realistis.

Semua orang tentu bisa membayangkan bagaimana cara menghabiskan uang satu miliar dolar, tetapi jauh lebih sulit menyusun sebuah rencana realistis untuk menghasilkan satu miliar dolar. Tidak ada tuntunan dari mana pun tentang bagaimana berpikir pada skala yang benar-benar besar dari awal. Namun George Berkowski ingin menunjukkannya.

Dalam kehidupan, seseorang mungkin tidak akan mencapai persis seperti apa yang menjadi tujuannya. Tetapi semakin tinggi sesuatu yang dituju, semakin tinggi pula kemungkinan untuk mencapainya. Jadi masuk akal bila memulai sesuatu dengan visi sebesar mungkin, sehingga bisa siap meregangkan diri dari awal.

Kamu hanya akan punya satu ide besar dalam hidup, maka jadikan itu berarti.  Ide-ide yang benar-benar besar tidak sering datang. Jadi ketika tiba giliranmu, pastikan bahwa kamu punya bekal dan persiapan yang sangat baik sehingga bisa benar-benar mewujudkan gagasan itu. Itulah maksud George Berkowski – untuk menjadikan kesempatan kamu berbuah.

Setiap ide besar butuh waktu untuk mewujudkannya. Rumusnya, jika itu sesuatu yang besar dan belum ada yang melakukannya sebelumnya, maka tidak mungkin seperti bimsalabim. Akan ada yang namnya periode gelap dimana kamu tidak tahu kunci untuk menuju ke sana.

Kamu harus siap berada di teritori suram, siap untuk investasi, jika kamu benar-benar ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Twitter awalnya dirundung kritik bertubi-tubi karena orang-orang tidak memahaminya.

Satu pendekatan untuk menyodorkan satu ide besar adalah memahami apa yang orang suka melakukannya. Meskipun ini sangat beragam tergantung geografi, jenis kepribadian, dan segudang faktor lain.

Menurut Donald Brown, seorang guru besar di Universitas California, sesungguhnya ada satu sebutan umum bagi semua peradaban manusia. Seperangkat atribut pasti yang membuat kita secara fundamental menjadi manusia. Brown mengistilahkan ini sebagai “hal-hal universal manusia”.

Jika idemu beriringan pada satu hal universal itu, kamu akan memaksimalkan daya tarik universal pada aplikasi buatanmu. Mengatasi sebuah masalah “universal” bisa menciptakan peluang pasar yang jauh lebih besar ketimbang memecahkan satu masalah spesifik geografis atau keperluan umum masyarakat tertentu, yang bukan untuk orang dalam jumlah besar. Di sisi lain, tidak setiap hal universal manusia bisa mengarah ke satu ide miliar dolar.

Para pendiri aplikasi yang mengguncang, tidak hanya berkutat pada sesuatu yang hebat. Mereka memiliki visi yang ambisius secara fantastis sejak hari pertama.


*Ditelaah dan ditulis ulang dari Buku How To Build Billion Dollar App, oleh George Berkowski, 2016.

No comments: