Tentang - Komunitaz

Artikel Baru

Komunitaz

Media Gerakan Pemuda

Post Top Ad

Tentang



Media, pemuda, dan perubahan sosial merupakan isu sentral mengapa Komunitaz dibuat dan hadir di tengah-tengah masyarakat. Media dan Pemuda adalah dua hal yang selalu ditagih perannya dalam pembangunan. Komunitaz menggabungkan keduanya menjadi media pemuda. Bertujuan menggerakkan pikiran untuk memicu tindakan perubahan dan pemberdayaan.

Komunitaz launching pada tanggal 28 Oktober 2017 di Palu Grand Mall bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Butuh perjuangan yang tidak mudah sehingga Komunitaz akhirnya bisa sampai di tahap ini.

Latar Belakang Berdirinya Komunitaz

Ide membuat media komunitas sudah dimulai sejak Oktober 2016. Ide itu muncul dari hasil pengamatan kami tentang banyaknya komunitas yang menjamur di Kota Palu namun belum menemukan wadah untuk bertemu dan saling mengenal satu sama lain.

Kami menyadari bahwa komunitas harus berkolaborasi ketimbang berjalan sendiri-sendiri. Sebagai langkah awal, dibuatlah akun instagram bernama @komunitaspalu. 

Berbulan-bulan kami mengumpulkan data komunitas dan me-repost kegiatan komunitas dari berbagai akun. Kami sendiri kaget ketika mengetahui jumlah komunitas yang lebih banyak dari yang kami perkirakan.

Lambat laun, dari akun instagram @komunitaspalu, beberapa komunitas akhirnya mulai mengetahui satu sama lain.

Sejak dibuat bulan Februari 2016, akun @komunitaspalu ternyata langsung menarik minat banyak pengguna instagram. Follower kami naik drastis dari hari-ke hari. Kami berkesimpulan bahwa sebenarnya banyak orang yang tertarik dan mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas.

Melalui Inkubator Bisnis Teknologi Informasi (IBTI) di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tengah, akhirnya Komunitaz bertumbuh dari akun media sosial, menjadi website Komunitaz.com.

Sumbangkan Idemu, Tunjukkan Aksimu!

Era penerapan konsep good goverment telah berakhir. Masalah di abad ke-21 ini sudah begitu kompleks. Sekarang negara-negara maju telah menerapkan konsep open goverment, dimana seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi membantu pemerintah sesuai dengan bidangnya.

Partisipasi bisa dalam bentuk apapun. Seseorang yang punya banyak waktu luang bisa menyumbangkan waktunya. Seseorang yang memiliki sedikit waktu luang, bisa menjadi donatur. Orang yang punya keahlian bisa menyumbangkan tenaga dan jasanya. 

Seorang anak bisa berpartisipasi dengan berprestasi di sekolah. Seorang remaja bisa berpartisipasi lewat karya dengan menekuni hobinya. Netizen bisa berpartisipasi dengan membagikan kiriman-kiriman positif. Kaum intelektual bisa menyumbangkan idenya.

Sebagian orang telah melakukannya, untuk itu Komunitaz hadir menghubungkan orang-orang baik ini, mempublikasikannya, agar sebagian yang lain dapat terinspirasi dan ikut berkontribusi. 

Tidak perlu kaya dulu untuk bisa menolong yang miskin dan tak perlu pintar dulu untuk membantu yang bodoh. Membantu orang lain sebenarnya sama dengan membantu diri sendiri, itulah prinsip gotong royong.

Berpartisipasi juga tak perlu hanya dengan hal-hal yang rumit. Dengan hal sederhana seperti membentuk komunitas hobi, sebenarnya sudah membantu menyalurkan bakat orang-orang yang punya hobi sejenis, agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang negatif.

Membentuk dan bergabung dengan komunitas sosial lebih bagus lagi. Apalagi membentuk komunitas hobi yang juga melakukan aksi sosial.

Berikut 3 cara berpartisipasi melalui Komunitaz :

1. Kamu bisa menyumbangkan ide, kritik, dan gagasan lewat Forum Komunitaz sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Atau menceritakan pengalamanmu sebagai relawan di Kolom Cerita Relawan.

2. Kamu bisa memilih wadah yang tepat sesuai passion kamu dari berbagai komunitas yang terdata di Komunitaz.

3. Kamu bisa mendukung berbagai kegiatan komunitas yang dipublikasikan oleh Komunitaz, baik sebagai sponsor, donatur, atau influencer.


Tunggu apa lagi?! Sumbangkan Idemu, Tunjukkan Aksimu!