Kodpar Yubi Palu: Tips Membuat Iklan Powerfull dengan FB Ads - Komunitaz

Artikel Baru

Komunitaz

Media Gerakan Pemuda

Post Top Ad

Kodpar Yubi Palu: Tips Membuat Iklan Powerfull dengan FB Ads


Dengan menggunakan Facebook Advertising (FB Ads), pengiklan bisa mendapatkan kembali data orang-orang yang telah diiklankan. Data tersebut bisa digunakan kembali untuk beriklan berulang kali sampai terjadinya transaksi dan memiliki target yang lebih spesifik dari media iklan lainnya. Inilah keunggulan iklan online ketimbang iklan konvensional.

Komunitas Yuk Bisnis (Yubi) Palu membagikan tips penggunaan FB Ads lewat Kopdar bertema ”Facebook Marketing”. Dalam dunia marketing, database adalah sesuatu yang paling penting. Sulit untuk melakukan penjualan tanpa database. FB Ads adalah solusinya.

Rata-rata pebisnis zaman now beriklan di Facebook. Waktu yang paling optimal untuk beriklan pada pukul 17.00 hingga malam hari. Pada waktu itu, kondisi kebanyakan orang bisanya sedang rileks sehabis bekerja dan mudah dipengaruhi oleh iklan.

Cara untuk beriklan di Facebook, pertama dengan membuat Fanpage/Halaman. Kemudian gunakan fitur FB Ads dengan menentukan goals-nya, apakah awareness, consideration, atau conversion?

Awareness bisa dipilih apabila ingin memperkenalkan produk agar diketahui banyak orang. Consideration juga hampir sama, cuma disini keterikatan calon konsumen dengan produk mulai dibangun. Biasanya dibagian ini konsumen mulai tertarik dan bertanya-tanya. Sedangkan pada Conversion adalah bentuk iklan yang langsung mengarahkan calon konsumen untuk membeli produk. Iklan Conversion idealnya dilakukan setelah mendapatkan data calon konsumen melalui iklan jenis awareness dan consideration terlebih dahulu.

Faktor keberhasilan iklan yaitu targeting, terdiri dari 3 jenis audiens: core audience (konsumen yang sudah diketahui), costum audience (data kriteria konsumen yang lebih spesifik), look a like audience (data yang mirp dengan data yang sebelumnya dimiliki).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam targeting adalah lokasi, usia, gender, demographics, interest, behavior, dan size target yang tidak besar. Aspek demografi meliputi lulusan, status, dan profesi. Interest meliputi komunitas yang diikuti, website yang sering dilihat, media yang sering dikunjungi, dan publik figure yang disukai. Behavior meliputi merek ponsel, provider, browser, dan OS laptop yang digunakan.

FB Ads dapat mencari calon konsumen berdasarkan data-data tersebut, mencarikan kesesuaian berdasarkan produk yang ditawarkan, dan merekam datannya lewat Facebook Analitycs. Selain itu, yang menentukan keberhasilan FB Ads selanjutnya adalah visual, copywriting, penawaran, dan produk yang diiklankan.

Teknik beriklan lewat FB Ads sebaiknya membuat iklan yang general dan luas terlebih dahulu selama beberapa waktu, lalu biarkan Facebook yang menganalisis siapa target pasarnya. Ketika sudah ketahuan target pasarnya siapa, lalu mulailah beriklan minimal 7 hari. Secara psikologi, orang sebenarnya baru mau membeli produk setelah 24 kali melihat iklan, kecuali ia memang betul-betul membutuhkan produk tersebut. Sayang apabila menargetkan banyak, tapi cuma sehari atau dua hari saja karena siapa tahu target pasarnya baru ditemukan pada hari ke sepuluh.

Semoga informasi ini berguna untuk para founder, owner, dan marketer.

No comments: