7 Berita Bisnis Pilihan Komunitaz, Desember 2017 - Komunitaz

Breaking

Komunitaz

Community Network

Post Top Ad

Minggu, 31 Desember 2017

7 Berita Bisnis Pilihan Komunitaz, Desember 2017

Gambar dari blog.indonetwork.co.id


1. Kapas Jadi Komoditas Pertanian Paling Menguntungkan Tahun 2017

Tercatat, pada penutupan perdagangan Desember 2017, harga kapas telah mencapai level US$78 sen per pon, naik dari level US$73 sen per pon pada awal tahun. Dari sembilan komponen Agriculture Subindex, hanya kontrak kapas dan gandum yang mendapat keuntungan tahun ini. Kapas memimpin dengan kenaikan 11% seiring dengan permintaan yang tumbuh untuk ekspor AS.

2. Sektor Jasa Jadi Tumpuan Pertumbuhan Ekonomi China Tahun 2017

Pertumbuhan industri jasa di China naik pada Desember seiring dengan berlanjutnya ekspansi sektor ini. Laporan resmi Purchasing Managers Index (PMI) untuk sektor non manufaktur menyatakan industri jasa di China meningkat dari 54,8 pada November menjadi 55 pada Desember.

3. IHSG berhasil menguat 20% di Bursa Saham

Tahun ini Indesk Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat 20%. Dari posisi pembukaan awal 2017 di 5.290 menjadi Rp 6.355. Dari penguatan indeks acuan tersebut tentu cukup banyak saham yang menguat cukup drastis. Meski begitu, banyak pula yang mengalami penurunan, bahkan sangat dalam, seperti PT Polaris Investama Tbk (PLAS), turun 87,68% dari posisi akhir 2016 Rp 406 menjadi Rp 50.

4. Penyatuan Dua Perusahaan Raksasa, Softbank Membeli Saham Uber

Perusahaan investasi teknologi Softbank telah menyepakati pembelian saham Uber senilai 48 miliar dollar AS. Kesepakatan ini sudah lama dinantikan oleh pelaku pasar. SoftBank menawarkan nilai 48 miliar dollar AS atas saham Uber. Angka ini lebih rendah 30 persen dibandingkan valuasi Uber pada Juni 2016 yang mencapai 68 miliar dollar AS.

5. Tidak Ada Program Jokowi-JK yang Menyentuh Pembangunan Perkoperasian Indonesia

Ikatan Alumni Institut Koperasi Indonesia (IKA Ikopin) berpendapat bahwa, dari semua program turunan Visi Nawacita, tidak ada satu pun program yang menyentuh pembangunan perkoperasian di Indonesia, bahkan menjadi sub program sekalipun koperasi tidak mendapat tempat dalam gegap gempita pembangunan yang dilakukan Pemerintahan Jokowi-JK.

6. Islamic Young Entrepreneur Festival Menggairahkan Jiwa Kewirausahaan di 56 Negara

Konferensi Pemuda Islam Dunia (International Conference on Islamic Youth Education - ICIYE 2017) yang diikuti 56 negara anggota Organization of Islamic Cooperation atau Organisasi Kerja Sama Islam (OIC/OKI) menyelenggarakan Islamic Young Entrepreneur Festival di Bandung, Jawa Barat. Salah satu tujuan dari program ini adalah untuk menggairahkan jiwa kewirausahaan generasi muda di negara-negara anggota OKI.

7. Ketua BEM FEB UI Sukses Berbisnis Kuliner dengan Omset Puluhan Juta Perbulan

Mumtaz Anwari, Ketua BEM FEB Universitas Indonesia sukses sebagai Pengusaha Muda. Berawal dari passion dan kecintaan di dunia kuliner, Mumtaz Anwari membuat usaha kuliner cheesecake. Keunikan cheesecake buatannya terletak pada tempatnya. Jika biasanya disajikan di piring, Mumtaz menyajikan cheesecake-nya dalam botol kaca. Pendapatan Mumtaz mencapai Rp 27 juta-30 juta/bulan dengan mempekerjakan lima karyawan.

Tidak ada komentar: